Back to Kompasiana
Artikel

Sejarah

Iwan Suwandy

Dokter,Master Hospital Administration ,pensiunan POLRI pangkat terakhir kombespol, setelah pensiun saya membuat internet blog yang selengkapnya

Kaisar Napoleon Bonaparte Pernah Menjajah Indonesia

REP | 10 October 2010 | 14:04 Dibaca: 4431   Komentar: 0   0

Teman penulis tidak percaya bahwa negara Perancis masa kaisar Napoleon Bonaparte pernah menjajah Indonesia karena menurut dia Bung Karno dalam pidatonya yang sesuai dengan ramalan Djojoboyo bahwa Indonesia di Jajah belanda selama 350 tahun dan Jepang tiga setengah tahun. selanjutnya ia bertanya apabila benar apa buktinya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, selama bertahun-tahun penulis mempelajari buku-buku sejarah, dan mulai mengumpulkan bukti-bukti faktual agar dapat meyakinkan teman tersebut sehingga akhirnya  ia berkata, “oh begitu baru gue tahu dan yakin”. Agar pembaca tidak berpendapat sama dengan teman penulis , silahkan baca dan lihatlah sebagian bukti faktual dibawah ini.

BUKTI FAKTUAL PERTAMA: “Sejarah Napoleon Bonaparte”(Diedit dari sejumlah koleksi buku lama milik penulis)

1. MASA SEBELUM JADI KAISAR

Napoleaon Bonaparte sebenarnya sudah menyiapkan suatu pasukan di  Boulogne-sur-Mer untuk menginvasi Inggris, tetapi kedua negeri itu sudah cape berperang dan menanda tangani perjanjian ” Treaty of Amiens” pada bulan Oktober  1801 dan Maret  1802;perjanjian ini termasuk penarikan Pasukan Inggris dari sejumlah teritorial yang diduduki.  Perdamaian ini tidak gampang dan hanya dalam waktu singkat ; Inggris tidak meninggalan  Malta seperti yang telah dijanjikan dan meprotes Bonaparte karena aneksasi  Piedmont dan Undang-Undang Meditasinya.yang menetapkan suatu Fedreasi di Swiss sedangkan daerah ini tidak teramsuk dalam perjajian perdamaian tersebut diatas.Persengketaan mencapai puncaknya dengan suatu pernyataan perang dengan Inggris pada bulan Mai 1803, dan Napoleon menyiapkan invasi dari  Boulogne.

Napoleon Bonaparte menghidupkan kembali perbudakan di Koloni Perancis dengan sebuah undang-undang   20 May 1801 walaupun sudah dilarang sesudah Revolusi Perancis. hal ini menimbulkan Revolusi Perbudakan di koloni  Haiti . Napoleon mengirim pasukan untuk membebaskan Saint-Domingue yang merupakan basis para revolusioner. Tetapi pasukan tersbut dihancurkan oleh penyakit demam kuning “ yellow fever”   dan pasukan haiti dibawah  generals Toussaint Louverture dan Jean-Jacques Dessalines.

Menghadapi ancaman perang terhadapd Inggris dan situasi “bankrupt “pailit, Napoleon melihat bahwa koloni di Amerika Utara tidak dapat dipertahankan dan menjualnya ke Amerika Serikat yang dibeli oleh  Louisiana Purchase -kurang tiga sen per  acre ($7.40 per km²).
Kemudian Napoleon mengambil banyak kebijakan dalam negeri (tidak dibahsa-pen) dan ia menjadi  Presiden Akademi Ilmuwan Perancis “ the French Academy of Sciences ” dan menunjuk  Jean Baptiste Joseph Delambre sebagai sekretaris.dan juga berbagai jabatan terhormat (tidak dibahas-pen). sampai kekuasannya meningkat asecara konstitusionil sampai Senat mengumumkan Napoleon sebagai konsul pertama  seumur hidup.”h Senate proclaims Napoleon-Bonaparte First Consul for Life.”lalu napoleon menyusun Kode napoleon yang meliputi  undang-undang Civil dan Kriminal (tidak dibahas-pen)

2, MASA NAPOLEON JADI KAISAR.
Berbagai usaha Napoleon bonaparte menyingkirkan kaum oposisi yang menentnagnya jadi Kaisar (tidak dibahas-pen).Setelah itu ia membentuk suatu monarki di Perancis dengan dirinya sebagai kaisar. ketika restorasi suatu dinasti Bourbon mengalamikesulitan. Napoleon Memahkotai dirinya sendiri sebagai Kaisar napoleon pertama” Napoleon crowned himself Emperor Napoleon I ” pada tanggal 2 Desember 1804 di Basilica Notre Dame di Paris (Vietnam membuat katedral dengan bentuk yang sama di Saigon,baca kisah pertualangan penulis disana-pen) dan memahkotai isterinya Josephine sebagai Ratu and “crowned Joséphine Empress.” Menurut kisahnya Napoleon mengambil mahkota dari tangan Paus Pius VII pada saat upacara dan memasangnya sendiri dikepalanya, prosedur ini sudah disetujui sebelumnya. kemudian dilakukan hal yang sama  di Katedral  Milan  pada tanggal 26 May 1805, Napoleon memasng mahkota Raja Italia dengan ” the Iron Crown of Lombardy”.

Selanjutnya dAlam buku sejarah tersebut dibahas secara terperinci pertempuran yang dialami oleh napoleon Bonaparte , bila ditulis dapat menjadi  sebuah buku yang sangat tebal,makanya tidak dibahas.

Setelah mengalami sejumlah kemenangan dalm petempuran, Perang Pennisular sebagai pusat dari kekalahannya yang terakhir pada tahun 1914.dimana ia menulis dalam memoarnya ”Perang tersebut telah menghancurkan saya. Seluruh.. musibah tersebut telah nelambung jadi kematian “That unfortunate war destroyed me… All… my disasters are bound up in that fatal knot.”

3. NAPOLEON KAWIN LAGI

pada tahun 1809, Austria secara tiba-tiba melepaskan diri sebagai aliansi dengan Perancis dan Napoleon terpaksa berperang di sungai Denube dan front Jerman . tetapi Pasukan napoleon sulit menyebrangi Sungai Denube  dan mengalami kekalahan sehingga terpkasa mundur, kemudian mengalahkan Austria di pada petempuran di Wagram, dan Perjanjian  Schönbrunn ditanda tangani antara  Austria dan Perancis.

Setelah menghadapi banyak tekanan dari koalisi Inggris dan Paus , pada tahun  1810 Napoleon menikahi princess  Marie Louise dari austria , “Duchess of Parma” setalah ia menceraikan isterinya ,  Joséphine; hal ini membuat hubungannya memburuk dengan Gereja dan 13 kardinal di penjarakan karena tidak hadir saat upacara pernikahan.Paus ditahan selama  5 tahun dan baru kembali ke Roma pada bulan Mai 1814. Pada saat itu Kerajaan Perancis meliputi Belanda dan Italia.

4. NAPOLEON INVASI RUSSIA

banyak informasi tetang invasi ke russia telah ditayangkan di Televisi,sehingga tidak dibahas lagi.Akhirnya napoleon kalah dan kembali ke Perancis , ia kehilangan  70,000 tenatra dan  40,000 senjata lebih banyak tiga kali dari musuhnya.

5.NAPOLEON KALAH PERANG

Perancis akhirnya menyerah,setelah diserbu dari selatan oleh Ingrris dan pasukan koalisi  yang menyerang dari Jerman.. Paris diduduki oleh tentara Koalisi pada bulan  Maret 1814.

Dalam Perjanjian Fontainebleau, pemenah perang membuang Napoleon ke  Elba, sebuah pulau dengan penduduk  12,000 di  Mediterranean, 20 km dari pantai Tuscan dimana ia masih boleh memakai gelar kaisar. Dalam bulan peertama napoleon membentuk Angkatan laut dan tentara yang kecil , membangun pertabnagan besi dan menerbit dekrit metode pertanian yang modern.

Napoleon kemudian sempat memilkik keksuasan selama seratus hari,berpisah dengan Isteri dan anaknya, Napoleon berada dibawah pengawasan Austria,ia melarikan diri dari pulau Elba pada tanggal   26 Februari 1815.  Ia mendart di  Golfe-Juan Perancis dua hari kemudian. Resimen ke lima dikirim untuk menghadangnya dan timbul kontak senjata pada 7 Maret 1815. Napoleon mengatur resimen seoarng diri , termasuk kuda-kudanya , saat ia di temabk ia berteriak “disini saya, Bunuhlah Kaisarmu ,jika kamu mau “, “Here I am. Kill your Emperor, if you wish.” . Para perajurit bersorak “Hidup Kaisar”  “Vive L’Empereur!” dan berbaris dengan Napoleon ke  Paris; Kaisar Louis XVIIImelarikan diri. Pada 13 Maret , Kongres  Vienna mengumumkan  Napoleon sebagi Penjahat ” outlaw”, dan empat hari kemudian Inggris,Belanda,Russia,Austria dan Jerman   Prussia bergabung dengan  150,000 pasuakan ke medan perang untuk mengakhiri kekuasaan Napoleon yang terkenal dengan pertempuran Waterloo.

Napoleon tiba di Paris tanggal 20 Maret dan periode pmerintahnnya dikenal denagn periode seratus hari. Dimulai dari bulan  Juni, pasukannya mencapai 200,000, dan ia memutuskan untuk menyerang bila ada kesempatan diatara kedatangan tentara Ingris Tentara Napoleon meliwati front Kerajaan Belanda,yang saat ini diwilayah Belgia. Akhirnya timbulah pertempuran di  Waterloo pada tanggal  18 June 1815. dimana . Napoleon dikalahkan dan pasukan koalisi memasuki Perancis dan Raja  Louis XVIII kembali menguasai mahkota Perancis.

6.SAAT TERAKHIR NAPOLEON

1) Napoleon ditangkap dan dibuang ke  Saint Helena dilautan Atlantik, 2000 km
dari pulau-pulau lain disekitarnya.Dua bulan pertama ia hidup pada sebuah pavilliun di perumahan ” Briars estate” milik William Balcombe. Napoleon menjadi sahabat keluarganya, terutama dengan putri bungsunya bernama  Lucia Elizabeth  yang tealh menulis kisah “Recollections of the Emperor Napoleon”.Panulis memilikisebuah buku lama terbitan 1919, dengan kisah duta Inggris meneumi Napoleon di Pulau St Helena.

Kemudian Napoleon kerumah” Longwood House ” pada bulan  Desemember 1815;yang rubuh karena tidak diperbaiki.lokasi disana tidak sehat. Pemerintah Inggris telah berusaha  mencegah kematian napoleon, dan ia sering mengeluh situasi kehidupan melalui surat kepada gubernur Inggris disana .

2) Pada tahun  1818, ada gosip palsu yang mengatakan Napoleon melarikan diri. Lord Cochrane yang mempengaruhi pemerintahuntuk memerdekakan  Chile dan Brasil  , ingin membebaskan   Napoleon dan menolongnya membuat suatu kerajaan baru di Amerika selatan, tetapi Napoleon mengalami stress dan meninggal tahun   1821.

3)Penyebab kematian Napoleon,menurut Dokternya, Francesco Antommarchi, pada saat autopsi ditemukan penyebab kematian adlah kanker Lambung “stomach cancer”, Ayahnya Napoleon juga meninggal juga oleh karena penyebab yang sama  

Berdasarkan fakta terseburt diatas, dalam literatur sejarah Perancis masa Kaisar napoleon Bonaparte tida ada tertulis tentang penjajahan Indonesia, juga tidak disinggung nama Dandeals sama selai, mungkin ada dlam sejarah dari negeri belanda, teapi maklum penjajah belandA tidak inggin menerangkan hal ini kepada  para Mudir sekolah di indonesia, patasan saja Bung Karno tak begitu memahami tenatng penjajahan  Kaisar perancis Napoleon di Indonesia, dan tidak pernah menyebut dalam pidatonya.
BUKTI FAKTUAL KEDUA :Pertempuran Tentara  Napoleon dengan  Inggris di Indonesia
1. Kisahpertempuran kapal perang
Pada tahun  1806, sebuah squadorn Perancis dibawah  Rear-Admiral Charles Linois telah berlayat ke lautan Hindia , sebauh swuadron kecil yang bermarkas di Madras tealh bertempur dengan kapal perang Belanda “the Dutch East Indies.” dengan target pulau Jawa., dimana squadsoron belanda bermarkas di Batavia. (jakarta)
Kerajaan Belanda saat itu adalah negara bagian Perancis dibawah saudara Kaisar Napoleon,  Louis Bonaparte dan  Batavia  tealh digunakan oleh  Linois untuk persiapan pertempuran Pualau Aru  “Battle of Pulo Aura“,  yang lebih berharga bagi konvoi Inggris  untuk diserang dan posisinya dekat dengan selat Malaka..
2.”Kisah Pertempuran Pasukan Ingris dengan pasukan Perancis di Mester Cornelis alias Jatinegara”
Dari bukti kedua  ini ,barulah dengan jelas ditulis tentang pertempuran pasukan Inggris dengan pasukan Dandeals. mari kita cuplik beberapa informasi.
   
Siege of Batavia
British defeat Dutch
This town (Djakarta) was captured by the British under Sir Samuel Auchmuty, with 10,000 troops, August 26, 1811. The French and Dutch garrison had abandoned the town, and occupied a strong position at Fort Cornelius, in the immediate neighbourhood. The British stormed the entrenchments, with a loss of 872 killed and wounded, whereupon the survivors of the garrison laid down their arms.

BUKTI FAKTUA KETIGA :” Koleksi Koin Napoleon Yang ditemukan Di Pulau Jawa “

Kaisar Napoleon Bonaparte menunjuk saudaranya Lodwijk Napoleon sebagai Raja Negeri Belanda, saat itu Kompeni Hindia belanda alias VOC sudah bankrupt alias pailit akibat banyak korupsi tahun 1790. Persedian Duit VOC terbita tahun tersebut sudah dibuat sehingga dari pada rugi pemerintah Belanda saat itu dengan nama Republic Bataav ,masih mengunakan duit VOC tahun 1790,sehingg apling bnayk beredar dan paling gampang ditemukan, Kemudian diterbitkan diedarkan duit VOC tahun 1803 dan 1805 sampai Negeri Belanda di Jajah Perancis dengan raja Lodewijk Napoleon disingkat L.A. ,dapt dilihat buktinya duit perunggu dengan inital nama tersebut.

I. Duit Republik Bataav alias Republik Betawi.pada masa sebelum Indonesia dijajah Perancis

1. Duit disain VOC lama di terbitkan oleh pemrintah Belanda sebelum Indonesia diduduki Perancis  untuk wilayah Indonesia tahun 1792 dan 1793 ,setelah VOC bubar tahun 1790.

1 duit  1792
1 duit 1793
2. Duit Yang Beredar Pada  Saat Indonesia Di Duduki Perancis
1) satu duit dengan disain VOC lama tahun 1805
1 duit t 1805 masa pemerintahan gubernur Jendral Dandaels
2) Gubernur Jendral dandaels menerbitkan Duit tembaga dengan initial LA alias Lodewiijk Napoleon.
(1) Duit dengan  inisial huruf biasa  L.N
duit LN Lodewijk Napoleon 1 doeit
(2) Duit dengan initial huruf antik  L.N
duit L.Napoleon   huruf antik.
1/2 St L.Napoleon

Setelah melmbaca dan melihat beberapa illustrasi bukti faktual tersebut diatas, apakah pembaca sudah yakin ? bila belum baca kisah lengkap di web blog penulis .

Selesai@hak cipta Dr iwan Suwandy 2010

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Revolusi dari Desa di Perbatasan …

Pepih Nugraha | | 23 October 2014 | 12:52

Sakitnya Tuh di Sini, Pak Jokowi… …

Firda Puri Agustine | | 23 October 2014 | 09:45

[BALIKPAPAN] Daftar Online Nangkring bersama …

Kompasiana | | 02 October 2014 | 11:00

Pertolongan Kecelakaan yang Tepat …

M. Fachreza Ardiant... | | 23 October 2014 | 10:23

Inilah Daftar Narasumber yang Siap Beraksi …

Kompasiana | | 20 October 2014 | 15:40


TRENDING ARTICLES

Acara Soimah Menelan Korban …

Dean Ridone | 7 jam lalu

Dua Cewek Kakak-Adik Pengidap HIV/AIDS di …

Syaiful W. Harahap | 7 jam lalu

Singkirkan Imin, Jokowi Pinjam Tangan KPK? …

Mohamadfi Khusaeni | 9 jam lalu

Pembunuhan Bule oleh Istrinya di Bali …

Ifani | 9 jam lalu

Ketua Tim Transisi Mendapat Rapor Merah dari …

Jefri Hidayat | 10 jam lalu


HIGHLIGHT

Cerpenku : Setrika Antik Ibu Mertuaku …

Dewi Sumardi | 8 jam lalu

Menemanimu Diruang Persalinan …

Toras Lubis | 8 jam lalu

Jonru Si Pencinta Jokowi …

Nur Isdah | 8 jam lalu

Pak Presiden, Kok Sederhana Banget, Sih! …

Fitri Restiana | 8 jam lalu

Menunggu Hasil Seleksi Dirut PDAM Kota …

Panji Kusuma | 8 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: