Back to Kompasiana
Artikel

Sejarah

Estika Mayang Sari

estika mayang sari (D1E010022) jurusan ilmu komunikasi Universitas Bengkulu

Sejarah Abjad

REP | 07 November 2012 | 12:38 Dibaca: 434   Komentar: 0   0

sejarah kapan muncul abjad ??

Tulisan mula-mula muncul dalam bentuk gambar,manusia pertama kali mengenal tulisan tidak menggunakan huruf,kata-kata,dan tanda baca dalam tulisan melainkan membuat gambar yang bernama pitograf digunakan untuk menyampaikan informasi dengan orang lain.piktograf berasal dari bahasa Inggris “pictograph” yang berasal dari pict dan graph.pict merupakan bahasa latin yang berarti gambar sedangkan graph adalah tulisan.pictograph merupakan sebuah simbol,tetapi pictograph juga kadang-kadang mewakili keseluruhan kata,tapi kadang hanya mewakili suku-suku kata.

Ribuan tahun yang lalu bangsa mesir kuno juga menggunakan hieroglip yaitu menempatkan dua atau lebih gambar untuk menuliskan sebuah kata.sebuah hieroglip merupakan kata-kata tapi ada juga yang mewakili bunyi.terkadang hieroglip dikombinasikan untuk membuat sebuah kata.

Penulisan dengan alfabet

Saat ini sebagian besar tulisan menggunakan alfabet.Alfabet adalah daftar sejumlah huruf yang digunakan untuk menulis dalam sebuah bahasa.jumlah huruf alfabet dalam setiap bahasa berbeda-beda.alfabet bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yaitu 26 huruf,spanyol memiliki dua puluh tujuh hruf,rusia memiliki tiga puluh tiga huruf,sementara korea memiliki dua puluh empat huruf.

Fakta pada sejarah penulisan

Sejarah ini merangka kembali pada sistem penulisan yang berkembang di zaman perunggu awal (alm 4 milenium Sm) dari neolitik proto penulis.

Klasifikasi evosi menulis dalam sub kategori :

  • Simbol

Dikembangkan sebagai alat komunikasi yang tidak hanya memastikan pemahaman yang lebih baik tetapi juga meningkatkan usia dan panjang pesan itu sendiri.simbol masih menjadi inheren dalam hidup manusia hingga saat ini.simbol secara khusus dipelajari dalam ilmu mengenai tanda dan simbol,baik yang inconik maupun dalam bentuk struktur.misalkan teori signifikasi tentang penanda dan pertanda dari Rolland Barthes.

  • Gua lukisan

Lukisan goa paleolitik yang merupakan jenis seni batu yang merupakan simbol tertua.lukisan gua tertua yang diketahui adalah bahwa dari gua chauvet terhitung tanggal pastinya kembali ke 30.000 SM.lukisan gua ini memastikan adanya perdaban yang evolutif dari cara berkomunikasi manusia dengan sesamanya

  • Petroglyphs/rock ukiran

Petroglyph hanyalah ukiran batu yang berkisar pada 10.000 SM,ketika Homo sapiens  telak diketahui mengakusisi seni ukiran dengan membuat sayatan atau ukiran pada permukaan batu.

  • Berbagai piktogram

Pictograph adalah yang selanjutnya dalam evolusi menulis.salah satu fitur yang menonjol.yang memisahkan petroglyphs dari pictogram adalah bahwa petroglyphs hanya menggambarkan satu aktifitas,tetapi pictogram menceritakan cerita tentang acara tersebut yang dapat digunakan untuk mengetahui kronologi suatu peristiwa.berbagai pictogram telah terlihat dalam berbagai sejarah kebudayaan kuno sejak sekitar 9000SM,Piktogram memperlihatkan ciri konsisten dalam rangka menjelaskan banyak hal.

  • Idiogram
  • Idiogram adalah lanjutan dari piktogram.ini adalah simbol visual atau grapis yang mewakili ide.idiogram banyak mengungkap ciri manusia dengan ekspresinya pada masa itu.idiogram adalah sumber awal untuk sebagian besar penulisan logograpic seperti script di cina.karena bahasa dibentuk dari penggambaran ide-ide,tentang bagaimana sifat garis,tentang bagaimana keterwakilan manusia dalam bentuk tulisan.
  • Penemuan sistem penulisanseharusnya identik dengan awal zaman perunggu di Neolitik akhir milenium ke 4-an SM.sistem penulisan pertama konon diciptakan pada rezim sumeria selama abad 20SM atau 21.pada milenium ke 3 an berekmbang menjadi script paku runcing kuno.sitem ini sudah baku,bahkan memuat adanya gagasan penuh yang diterapkan pada masa itu.
  • Perkembangan mesir hileogrip juga analog dengan script mesopotamia.sistem proto simbol hieroglip berkembang menjadi hieroglip kuno oleh 3200 SM,dan meluas pada zaman milenium ketiga pertengahan.
  • Alfabet

Orang mesir adalah orang yang pertama untuk datang dengan sistem abjad sekitar 2700 SM yang terdiri dari 22 hieroglip.setiap tulisan rahasia dimulai dengan konsonan tunggal bahasa mereka,ditambah vokal yang harus diberikan pembicara.pada awalnya mesin terbang digunakan sebagai panduan untuk pengucapan logogram,untuk menandai intonasi tata bahasa dan merekam nama-nama asing.

Dari sinilah manusia setia dengan alfabet.manusia setia dengan penggambaran tata letak kata dan huruf,yang semakin padat semakin baik,semakin memiliki tanda penurunan semakin rumit,tapi semakin menyingkat banyak hal.dari bahasa muncul dan bertahan pengetahuan dan keunggulan suatu bangsa.sejarah tulisan memang sejarah tentang keunggulan.

  1. Sebelum mengenal sistem tulisan manusia berinterkasi dengan lingkungan seperti apa?
  • Sistem Kepercayaan.

Sistem kepercayaan bangsa Indonesia mulai muncul sejak masa berburu dan mengumpulkan makanan. Hal ini terbukti dengan adanya penemuan lukisan-lukisan pada dinding goa di Sulawesi Selatan. Lukisan itu berbentuk cap tangan merah dengan jari-jari yang dirantangkan. Lukisan seperti ini diartikan sebagai sumber kekuatan atau simbol pelindung untuk mencegah roh jahat. Ada juga cap tangan dengan jari-jari tidak lengkap yang merupakan simbol berkabung dan penghormatan terhadap roh nenek moyang. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang ini berkembang sejak masa bercocok tanam hingga masa perundagian.Selain sebagai simbol penghormatan terhadap roh nenek moyang, ada juga kepercayaan terhadap kekuatan alam. Adanya kepercayaan semacam ini antara lain terungkap dengan ditemukannya bangunan megalithikum yang dianggap mempunyai kekuatan. Corak kepercayaan seperti ini dinamakan dinamisme.

  • Sistem Kemasyarakatan

Dengan semakin bertambahnya jumlah manusia, sistem kemasyarakatan mulai tumbuh. Gotong royong dirasakan sebagai kewajiban yang mendasar dalam menjalankan berbagai kegiatan hidup, seperti menebang hutan, menangkap ikan, menebar benih, dan lain-lain. Demi menjaga kehidupan bersama agar tetap harmonis, manusia menyadari akan pentingnya aturan-aturan yang harus disepakati bersama agar aturan tersebut ditaati. Ditunjuk pula seorang pemimpin yang bertugas menjamin berlakunya aturan-aturan ini.Proses perubahan tata kehidupan terus berlangsung secara perlahan-lahan. Selanjutnya pada masa perundagian, tata kemasyarakatan semakin teratur. Rasa kesetiakawanan yang kuat dibarengi dengan munculnya golongan-golongan mesyarakat seperti golongan pemimpin agama dan golongan petani.

  • Sistem Bahasa

Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas beribu-ribu pulau. Hal ini juga membuat Indonesia memiliki jumlah dialek bahasa yang beagam pula. Bahasa-bahasa yang ada di Indonesia sendiri termasuk dalam rumpun Bahasa Melayu Austronesia atau bahasa melayu kepulauan selatan.Perkembangan Bahasa Melayu terlihat jelas pada zaman Kerajaan Sriwijaya setelah mendapat pengaruh dari Bahasa Sansekerta. Bahasa Melayu menjadi bahasa resmi atau bahasa Prasasti Keparaan Sri Wijaya. Dalam perkembangan selanjutnya, Bahasa Melayu berhasil menjadi bahasa pergaulan dalam perdagangan atau menjadi bahasa perantara diseluruh kepulauan Nusantara.

  • Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Masyarakat sejarah telah mengenal ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat mengetahui angin musim sebagai tenaga penggerak dalam aktivitas pelayaran dan perdagangan. Selain itu, masyarakat juga telah mengenal ilmu astronomi sebagai penunjuk arah dalam pelayaran atau sebagai penunjuk waktu dalam bidang pertaian. Oleh karena itu, mereka telah mengetahui secara teratur waktu bercocok tanam, panen, dan saat yang tepat untuk berlayar dan menangkap ikan.

  • Ekonomi

Masyarakat Indonesia sejak masa praaksara telah mengenal hubungan perdagangan dengan daerah-daerah lain. Hali ini dikarenakan masyarakat pada setiap daerah tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri. Hubungan perdagangan yang mereka kenal pada saat itu adalah sistem barter, yaitu saling tukar menukar barang yang besar kecil nilai barangnya telah disepakati bersama. Selain itu, ada dugaan bahwa saat itu mulai dikenal alat tukar berupa kulit kerang yang indah.Adapun barang-barang dagangan masyarakat praaksara antara lain sebagai berikut:

a. Ramuan hasil hutan.

b. Hasil pertanian atau peternakan.

c. Benda hasil kerajinan.

d. Garam.

  • Organisasi Sosial

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa kelompok masyarakatnya. Pada zaman praaksara, kelompok masyarakat dikenal dengan sebutan suku. Hubungan antar individu dalam suatu kelompok sangat erat. Disamping itu, pola kerja sama dan hidup gotong royong dalam suatu kelompok suku sudah terjalin dengan sang

  1. Pembabakan zaman

Berdasarkan penggalian arkeologi maka prasejarah dapat dibagi menjadi 2 zaman

Zaman Batu

a.  Zaman batu tua (Paleolithikum) Peralatan yang digunakan tebuat dari batu yang masih kasar. Misalnya: kapa perimbas, kapak genggam, dan alat-alat serpih. Kehidupan manusianya masih berpindah-pindah mengembara sebagai pemburu.

b. Zaman batu pertengahan (Mesolithikum) Peralatan yang digunakan masih hampir sama dengan masa sebelumnya, hanya sedikit lebih halus. Kehidupan manusia sudah mengenal cocok tanam sangat sederhana dan mulai mencari tempat tinggal yang tetap.

c. Zaman batu akhir (Neolithikum) Peralatan yang digunakan telah diasah sampai halus. Manusia sudah mulai membuat gerabah, mempunyai tempat tinggal yang tetap dan memiliki pengetahuan bertani yang baik. Mereka juga telah bisa memintal dan menenun. Pada masa ini manusia sudah mulai membuat bangunan megalit yang berhubungan dengan kepercayaan, antara lain: menhir, dolmen, sarkofagus, punden berundak, dan peti kubur batu. Manusia yang tinggal di dekat pantai dan sungai besar juga telah mengenal pelayaran

Zaman logam

Pada masa ini manusia telah hidup membangun perkampungan atau desa. Perdagangan antar

pulau dilakukan dengan perahu bercadik.Peralatan yang dibuat dari bahan logam antara lain; nekara, moko,kapak perunggu,bejana perunggu, patung perunggu dan perhiasan dari perunggu. Zaman logam dibagi dalam tiga zaman yaitu:

  1. Zaman Tembaga

Zaman ini manusia telah mampu membuat peralatan dari tembaga. Tetapi di Indonesia tidak ditemukan barang-barang yang terbuat dari tembaga. Kemungkinan setelah zaman batu akhir langsung mengalami zaman perunggu.

  1. Zaman perunggu

zaman ini, manusia sudah menggunakan campuran antara tembaga dengan timah sebagai bahan untuk membuat peralatan.

  1. Zaman besi

Zaman besi merupakan zaman terakhir dari zaman prasejarah. Pada zaman ini, manusia telah mampu melebur biji besi untuk membuat peralatan. Alat-alat peninggalan mereka jarang yang ditemukan dalam keadaan utuh, karena mudah hancur terkena karat.

Pembabakan Zaman Prasejarah berdasarkan Ciri-ciri Kehidupan masyarakat

  1. Masa berburu dan mengumpulkan makanan

Pada masa ini secara fisik manusia masih terbatas usahanya dalam menghadapi kondisi alam. Tingkat berpikir manusia yang masih rendah menyebabkan hidupnya berpindah-pindah tempat dan menggantungkan hidupnya kepada alam dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan

  1. Masa bercocok tanam

Pada masa ini kemampuan berpikir manusia mulai berkembang. Sehingga timbul upaya menyiapkan persediaan bahan makanan yang cukup dalam suatu masa tertentu. Dalam upaya tersebut maka manusia bercocok tanam dan tidak lagi tergantung kepada alam

  1. Masa perundagian

Pada masa ini masyarakat sudah mengenal teknik-teknik pengolahan logam. Pengolahan logam memerlukan suatu tempat serta keahlian khusus. Tempat untuk mengolah logam dikenal dengan nama perundagian dan orang yang ahli mengerjakannya dikenal dengan sebutan Undagi.

Tags:

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Ratusan Ribu Hingga Jutaan Anak Belum Dapat …

Didik Budijanto | | 31 July 2014 | 09:36

Akh Jokowi? Kita Lihat Dulu Deh Kabinetnya …

Ian Wong | | 31 July 2014 | 08:18

Menghakimi Media …

Fandi Sido | | 31 July 2014 | 11:41

Punya Pengalaman Kredit Mobil? Bagikan di …

Kompasiana | | 12 June 2014 | 14:56

Teman Saya Pernah Dideportasi di Bandara …

Enny Soepardjono | | 31 July 2014 | 09:25


TRENDING ARTICLES

Tipe Karyawan yang Perlu Diwaspadai di …

Henri Gontar | 7 jam lalu

Evaluasi LP Nusa Kambangan dan …

Sutomo Paguci | 7 jam lalu

Revolusi Mental Pegawai Sipil Pemerintah …

Herry B Sancoko | 11 jam lalu

Misteri Matinya Ketua DPRD Karawang …

Heddy Yusuf | 12 jam lalu

Jokowi Menipu Rakyat? …

Farn Maydian | 17 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: