Back to Kompasiana
Artikel

Sejarah

Firmantel

Ilmu itu Ada Masanya: BERSYUKUR selalu dan BERBAGI lah, sebab itulah Kunci membuka Dunia. www.firmantel.com selengkapnya

Generasi Muda dalam Mengisi Kemerdekaan RI

OPINI | 16 August 2013 | 01:39 Dibaca: 3811   Komentar: 1   1

13766218261858548205

koran facebook

Di usia 68 tahun Republik Indonesia merdeka ternyata masih tidak sedikit rakyat kita yang belum merasakan kemerdekaan itu. Terlebih pada rakyat kecil dan anak muda yang masih dipandang sebelah mata. Meskipun demikian, semangat merdeka itu harus tetap ditanam dan tumbuh dihati dan jiwa kita. Khususnya untuk anak muda Indonesia dituntut untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif dan berguna untuk sekitar dalam bentuk apapun.

Belajar – adalah hal yang paling utama dalam mengisi kemerdekaan. Belajar tidak harus berbentuk sekolah formal yang menjadi kewajiban di Negara ini. Banyak sekali media-media pembelajaran yang bisa gunakan untuk mendapatkan ilmu, paling tidak mendapatkan pengalaman. Dengan banyak belajar dan mendapatkan pengalaman, setidaknya kita selaku kaum muda telah belajar mandiri tanpa banyak mengeluh dan meminta dari Negara ini. Pendidikan itu penting.

Jangan tanyakan apa yang sudah diberikan Negara untukmu, tapi tanyakan apa yang sudah kau berikan untuk negaramu.

Terjun kedunia sosial – banyak sekali dunia sosial yang bisa dipilih untuk saling berbagi antar sesama umat manusia terlebih kita ini saudara sebangsa. Media dunia sosial pun sudah sangat banyak yang bisa digunakan di era teknologi informasi ini, jadi kita tidak harus terjun langsung ke-lapangan untuk bersosialisasi. Itulah mengapa situs-situs jejaring disebut juga jejaring sosial media, karena hanya dengan sebuah media kita sudah bisa bersosialisasi antar sesama.

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang berarti tidak bisa hidup tanpa ada manusia lain disekitarnya.

Menggeluti olahraga – Olahraga saat ini tidak hanya sekedar untuk menyehatkan tubuh saja. Olahraga juga dimanfaatkan untuk ajang berkomunitas antar sesama pecintanya. Semangat berolahraga pada kaum muda saat ini sudah mulai berkurang, jauh lebih rendah dibandingkan saat kita masih kecil dulu. Nongkrong di mall, di café dengan teman-teman serasa lebih menyenangkan dari pada harus bermandikan keringat saat berolahraga. Padahal banyak sekali manfaat dari berolahraga. Selain menjadikan tubuh sehat, berolahraga juga dapat menjauhkan diri dari kegiatan-kegitan yang dapat merusak kesehatan seperti narkoba. Berolahraga tidak harus mahal sampai mengeluarkan uang yang banyak, jogging adalah olahraga yang paling murah dan sangat menyehatkan.

Mens sana in corpore sano – Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Berpolitik – Mungkin terjun untuk berpolitik bukanlah sebuah pilihan, namun paling tidak anak muda itu harus menyimak kondisi politik di negerinya sendiri. Walau tidak mengerti soal politik itu sendiri, dengan hanya menyimak perkembangan politik yang terjadi paling tidak dapat menggugah rasa prihatin akan kondisi negeri ini.

Berwirausaha – Banyak pelajaran yang bisa diambil dalam berwirausaha. Berwirausaha akan mengajarkan bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik, mengatur segala sesuatunya dengan terstruktur, berani ambil resiko, belajar mandiri, dan lain-lain. Selain itu dengan berwirausaha atau membangun sebuah usaha, secara tidak langsung kita telah membantu dalam mengurangi pengangguran yang terus bertambah setiap tahunnya. Berwirausaha tidak harus dengan biaya yang besar. Walau dengan modal yang kecil namun dengan pengelolaan yang baik dan terstruktur, berwirausaha pun menjadi suatu hal yang menyenangkan. Aku tidak bermaksud menganggap menjadi seorang karyawan itu gak bagus, ini cuma soal pilihan kok.

Dulu ketika kekayaan besar hanya dapat dibuat oleh perang, perang adalah bisnis; tetapi sekarang ketika kekayaan besar hanya dapat dibuat oleh bisnis, Bisnis adalah perang!

Nge-Blog – Kegiatan nge-Blog cukup efektif dalam membuka cakrawala, berbagi informasi dengan orang banyak, sekaligus secara tidak langsung dengan nge-Blog kita telah menjadi bagian dari unsur media. Banyak sekali yang bisa kita bagikan kepada orang banyak dengan nge-Blog. Apa yang kita ketahui dan kuasai itu sudah bisa menjadi topik dalam blog kita. Terlebih kalau yang kita berikan ternyata berguna untuk teman-teman atau adik-adik kita dalam menambah ilmunya selain yang didapat dari sekolah. Aku berharap hal itu masuk dalam kategori mendapatkan pahala dari Tuhan, bukankah hal itu sudah sama selayaknya guru? Kalau demikian berarti anda termasuk pahlawan tanpa tanda jasa

Tulis apa saja yang bisa kamu tulis, niscaya perlahan kamu akan terbiasa dengan itu.

Itu saja dari aku hal-hal yang dapat dilakukan dalam mengisi kemerdekaan ini, banyak lagi hal lain yang bisa dilakukan. Jadilah kita anak muda yang kreatif, yang dapat membawa bangsa ini menjadi terpandang dimata dunia.

Selamat hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke- 68

Selamat Ulang Tahun Negeriku,  Salam Merdeka!.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Sukses sebagai Pengusaha Telur Asin …

Tjiptadinata Effend... | | 21 December 2014 | 11:54

Cegah Lintah Darat Merajalela dengan GNNT …

Agung Soni | | 21 December 2014 | 11:16

Rahasia Keberhasilan Pariwisata: Jangan …

Jimmy Haryanto | | 21 December 2014 | 08:18

[Langit Terbelah Dua] Pohon Malaikat …

Loganue Saputra Jr ... | | 21 December 2014 | 16:39

“Share Your Dreams” dengan Paket …

Kompasiana | | 26 November 2014 | 11:24


TRENDING ARTICLES

Campur Tangan Joko Widodo dalam Konflik di …

Imam Kodri | 9 jam lalu

Di Kupang, Ibu Negara yang Tetap Modis namun …

Mba Adhe Retno Hudo... | 10 jam lalu

Lain Fahri Hamzah, Lain Pula Fadli Zon …

Ajinatha | 14 jam lalu

Lebih Baik Pernyataan Dwi Estiningsih …

Hendi Setiawan | 15 jam lalu

Beda Fahri Hamzah, Fadli Zon, Setya Novanto …

Ninoy N Karundeng | 15 jam lalu


Subscribe and Follow Kompasiana: